Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Terbaru

Siapa yang tidak menggunakan tenaga listrik dalam kehidupan sehari-hari. Seiring kemajuan teknologi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut berinovasi dari segi layanan. Salah satunya adalah layanan cek tagihan listrik yang bisa dilakukan secara online. Hanya dengan nomor ID pelanggan (IDPEL) dan memastikan terhubung ke jaringan internet.

Konsumen tidak perlu lagi datang ke kantor layanan PLN untuk melakukan pengecakan tagihan listrik. Sebab semua bisa dilihat dari layar ponsel masing-masing. Dengan demikian setiap pelanggan bisa kapan saja melakukan pengecekan dan menghitung tren pemakaian. Hal ini juga bisa melakukan pengaturan pemakaian atau menghemat ketika tagihan sudah cukup besar.

4 Cara Pengecekan Tagihan Listrik Secara Online

Ada beberapa pilihan cara untuk melakukan pengecekan tagihan listrik dengan cara online. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai untuk digunakan. Berikut 4 cara cek tagihan listrik secara online:

  • Melalui situs resmi PLN

Cara pertama adalah melalui situs resmi PLN yakni di https://layanan.pln.co.id/. Situs bisa diakses melalui browser dari laptop maupun smartphone. Caranya juga cukup mudah, setelah masuk ke situs klik sub menu ‘Informasi’ di sebelah kiri halaman. Lalu klik ‘informasi tagihan listrik/ prmbelian token’

Bagi konsumen yang baru pertama kali mengakses, terlebih dahulu melakukan endaftaran dengan memiliki ‘daftar akun’. Isi form yang terdiri dari Nama pemohon, IDPEL dan nomor telepon. Serta buat kata sandi sebelum klik daftar. Untuk pengecekan selanjutnya tingal loging dengan email dan kata sandi untuk masuk ke menu. Setelah masuk tinggal memilih menu ‘Informasi tagihan dan token listrik’ untuk melihat besaran tagihan listrik konsumen.

  • Melalui layanan telepon

Cara lain yang bisa dilakukan untuk cek tagihan listrik bisa dengan menghubungi call center PLN di nomor resminya yakni 123 bagi pengguna telepon rumah. Bagi pengguna ponsel perlu menambahkan kode area dalam nomor atau dengan format (kode area) 123. 

Namun pengecekan dengan layanan panggilan telepon ini memerlukan biaya panggilan. Anda harus memastikan memiliki pulsa yang cukup agar panggilan tidak terputus sebelum keperluan Anda selesai. Besaran biayanya menggunakan tarif panggilan normal sesuai operator yang digunakan.

  • Melalui layanan pesan singkat (SMS)

Selanjutnya, pengecekan tagihan listrik PLN juga dapat diakses menggunakan layanan pesan singkat atau SMS. Layanan ini bekerja sama dengan operator jaringan seluler Telkomsel, Indosat, T-Flexi dan XL. Sama dengan pengecekan melalui telepon, layanan SMS dikenai tarif yang harus dibayar konsumen yakni Rp 500 per SMS.

Format SMS untuk pengecekan tagihan listrik adalah, REK (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Pesan akan dibalas dengan informasi tagihan listrik sesuai dengan ID yang Anda berikan.

  • Melalui aplikasi PLN Mobile

Layanan pengecekan tagihan listrik terbaru yang disediakan adalah menggunakan aplikasi smartphone. Aplikasi berbasis Android dan iOS dapat membantu memudahkan segala infomasi PLN. Layanan aplikasi PLN Mobile ini dapat langsung diakses melalui smartphone masing-masing.

Caranyan cukup mudah, pertama pastikan telah mengunduh aplikasi PLN Mobile di Playstore atau Appstore. Instal dan buka aplikasi. Untuk melakukan pengecekan tagihan listrik pilih menu ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’. Lalu imput nomor meteran untuk pelanggan listrik pasca bayar dan imput ID pelanggan untuk pelanggan listrik prabayar. Setelah memastikan data yang diberikan benar, klik cari dan status tagihan listrik Anda dan nominal tagihan akan muncul.

Itu dia 4 cara pengecekan tagihan listrik PLN melalui layanan resmi PT PLN yang dapat diakses tanpa perlu datang ke kantor layanan. Semakin mudah semua informasi dapat diketahui langsung pada layar ponsel Anda.

Informasi