Keutamaan dan Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung, Sayang untuk Dilewatkan!

Puasa secara bahasa maknanya adalah menahan. Adapun maknanya secara istilah adalah beribadah kepada Allah Ta’ala yang disertai niat, dengan menahan diri dari makan, minum dan seluruh pembatal puasa, sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yang dilakukan oleh orang-orang tertentu dengan syarat-syarat tertentu.

Keutamaan Orang Yang Berpuasa

  • Tiket Surga Ar Rayyan

Orang yang suka berpuasa akan mendapatkan pintu khusus masuk surga di akhirat nanti. Dimana, ahli puasa akan masuk surga melalui pintu Ar-Rayyan.

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya ‘Ar-Rayyan,’ yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Dikatakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Pahalanya Dilipatgandakan

Keutaman lainnya dari berpuasa adalah pahala orang yang melakukannya akan dilipatgandakan oleh Allah Subhana wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu Alahi wassallam bersabda :

“Setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

  • Menurunkan Berat Badan

Selain berpahala, ternyata berpuasa juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah mampu menurunkan berat badan. Ketika sedang menjalankan puasa, maka metabolisme tubuh dapat bekerja secara maksimal. Hal ini terjadi lantaran tubuh tidak menerima asupan apapun selama kurang lebih 12 jam.

Saat berpuasa sumber energi kita satu-satunya adalah glukosa, pada saat saat glukosa habis di dalam tubuh habis maka lemak akan menggantikan posisi glukosa sebagai seumber energi. Dengan begitu, kadar lemak yang ada di dalam tubuh akan berkurang.

  • Mengendalikan Hawa Nafsu

Manfaat puasa berikutnya adalah kita akan mampu mengontrol hawa nafsu. Jika kita terbiasa melakukan puasa sunnah maka otomatis akan terbiasa untuk mengontrol segala jenis nafsu yang ada pada diri kita.

  • Mencegah Peradangan

Peradangan akut merupakan proses kekebalan normal yang digunakan guna membantu melawan infeksi dan juga peradangan kronis. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa peradangan bisa saja terlibat dalam perkembangan kondisi kronis seperti kanker, rheumatoid arthritis dan jantung. Di  sisi lain, beberapa penelitian juga menemukan bahwa dengan berpuasa bisa membantu mengurangi tingkat peradangan serta membanti meningkatkan kesehatan.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat berpuasa lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berpuasa dalam delapan pekan secara bergantian bisa mengurangi kadar kolesterol ‘jahat’ LDL sebesar 25% dan trigliserida sebesar 32%.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berpuasa selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berpuasa dapat melindungi kesehatan otak serta meningkatkan pembentukan sel-sel saraf guna membantu meningkatkan fungsi kognitif.

  • Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat puasa yang terakhir adalah dapat meningkatkan emosional dan kecerdasan spiritual berupa ketenangan hati.

Uncategorized