Jenis-Jenis Pisang dan Manfaatnya Buat Kesehatan

https://mdm.tanihub.com/images/10008/product/1600055989-1205130475-1.jpeg

Buah-buahan terkenal sangat baik untuk manusia. Pasalnya buah-buahan banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hampir semua jenis buah mengandung antioksidan. Dan kandungan inilah alasan di balik masyarakat harus mengonsumsi buah. Pisang adalah salah satu buah yang kaya antioksidan. Buah favorit banyak orang ini mudah didapat. Jenisnya pun sangat beragam. Dari berbagai jenis pisang, anda bisa mengolahnya menjadi banyak menu hidangan.

Jenis-Jenis Pisang Populer di Indonesia

Pisang sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium. Selain itu, pisang kaya vitamin C, betakaroten dan karbohidrat. Buah yang sering kita jumpai di pekarangan rumah ini sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai penyakit seperti mengatasi tekanan darah tinggi, kanker lambung dan paru-paru, anemia dan lain-lain. Sebagai salah satu komoditas utama negeri, Indonesia memiliki beragam jenis pisang. Selain populer, semua jenis pisang tersebut nikmat. Nah,  berikut ini jenis-jenis pisang favorit di Indonesia.

1. Pisang raja

Banyak orang suka pisang raja. Selain rasanya yang manis, pisang raja juga memiliki aroma yang harum. Pisang lokal yang bernilai jual tinggi ini cocok dimakan langsung. Selain itu, anda bisa mengolahnya sebagai bahan pembuatan kue tradisional nagasari yang khas dan lezat.

2. Pisang cavendish

Pisang ini bukan produk impor. Ini adalah produk asli Indonesia. Karena bentuk dan warnanya yang menarik, pisang ini menjadi komoditas ekspor Indonesia. Pisang cavendish juga nikmat dimakan langsung. Tekstur buahnya yang lembut dan padat memiliki rasa yang sedikit asam. Kalau mau buat pisang goreng, pisang cavendish pilihannya.

3. Pisang susu

Meskipun ukurannya yang mungil, pisang susu sangat digemari masyarakat. Rasa manis dan ukuran mungilnya membuat anda bisa makan lebih banyak karena ketagihan. Manisnya tidak berlebihan sehingga tidak membuat mual. Pisang jenis ini biasa dijadikan pilihan untuk konsumsi anak dan balita. Pisang mini ini cocok dijadikan pisang keju susu. Oh iya, jangan sampai salah dengan pisang mas karena bentuk dan ukurannya yang hampir sama.

4. Pisang ambon

Ketika bicara soal pisang, maka jangan lupakan pisang Ambon. Warnanya kuning segar dan aromanya harum. Ini adalah pisang yang paling sering kita jumpai di pasar dan toko buah. Teksturnya yang lembut dan pulen sangat cocok untuk membuat keripik pisang ataupun kue bolu dan pancake.

5. Pisang kepok

Kalau ada pisang Ambon di pasar, biasanya ada pisang kepok di sampingnya. Teksturnya sama seperti pisang Ambon, tetapi bentuknya unik dengan bentuk kotak dan pipih. Ada dua jenis pisang kepok,  yaitu kepok kuning dan kepok putih. Tekstur kepok putih itu keras dan sepat. Biasanya kepok putih dijadikan makanan burung. Sementara kepok kuning adalah jenis pisang yang mesti diolah ketika mau dimakan. Anda bisa membuat keripik pisang, pisang goreng, pisang kukus atau kolak pisang.

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pisang. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Melancarkan pencernaan

2. Mencegah terkena penyakit stroke

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

4. Meningkatkan stamina

5. Menjaga metabolisme tubuh tetap optimal

6. Menyehatkan kulit

7. Mencegah nyeri pada perut

Banyak ragam pisang favorit yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak jenisnya, manfaatnya pun sangat besar untuk manusia. Dengan mengonsumsi pisang, anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya. Jika mau mendapatkan pisang berkualitas yang segar, anda pun bisa mendapatkannya secara online. TaniHub menyediakan berbagai kebutuhan sayur, buah, bumbu, daging dan lain sebagainya yang lengkap secara online. Jangkauannya luas mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta hingga Pasuruan. Produk yang tersedia di TaniHub dijamin segar dan berkualitas hasil dari para petani lokal.

Kuliner