7 Manfaat Air Mawar yang Bikin Cantik

source gambar : unsplash.com/jamie street

Air Mawar sudah sangat terkenal dalam dunia kosmetik, kamu juga pasti sudah mengetahui bahwa air mawar ini memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah kamu.

Seperti yang sudah kamu ketahui air mawar memiliki manfaat untuk membersihkan wajah, melembabkan wajah, mencegah jerawat pada wajah, serta menenangkan kulit wajah yang terkena iritasi.

Tahukah kamu bahwa air mawar ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai campuran racikan untuk produk kosmetik. Umumnya proses untuk menghasilkan air mawar, menggunakan proses penyulingan kelopak bunga mawar, dari penyulingan tersebut akan menghasilkan cairan dan minyak dari bunga mawar.

Dalam air mawar memiliki banyak kandungan seperti antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri, dan vitamin C.

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari air mawar yang mungkin kamu belum tau. Silahkan disimak dengan baik ya!

  • Membersihkan Kulit Wajah

Air mawar memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari wajah. Sehingga sangat baik untuk membersihkan kulit wajah yang kotor karena aktifitas sehari-hari.

Pada dasarnya air mawar bekerja membersihkan kulit yang kotor, sehingga pori-pori tidak tersumbat oleh kotoran dan bakteri. Air mawar juga memiliki kandungan antiseptik yang akan menghilangkan bakteri tersebut.

Cara aplikasinya sangat mudah, kamu tinggal menuangkan air mawar ke kapas lalu aplikasikan dengan menggosokan perlahan-lahan.

  • Melembabkan Kulit Wajah

Air mawar memiliki kandungan yang sangat baik untuk menghidrasi kulit wajah serta melembabkannya. PH yang terkandung didalam air mawar ini sangat baik untuk kulit.

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, air mawar bisa kamu gunakan untuk toner. Cara menggunakannya bisa dengan disemprotkan secara langsung atau kamu aplikasikan dengan kapas dengan cara di tap-tap perlahan-lahan.

  • Mencegah Munculnya Jerawat

Dalam menghambat pertumbuhan bakteri dalam wajah yang menyebabkan jerawat. Air mawar memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri untuk menangkal bakteri tersebut.

Kandungan didalam air mawar juga berfungsi sangat baik untuk mempercepat jerawat menjadi kering, mencegah munculnya jerawat, serta menghilangkan bekas jerawat.

  • Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan Vitamin C dan antioksidan didalam air mawar berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Air mawar juga berfungsi untuk exfoliating alami yang akan mengangkat kulit mati pada wajah, sehingga wajah menjadi lebih cerah dan warnanya merata.

  • Menghambat Penuaan Dini

Air mawar yang memiliki kandungan antioksidan serta formula yang melembabkan wajah. Membuat wajah terhindar dari radikal bebas yang membuat kulit wajah menjadi rusak, radikal bebas inilah yang membuat wajah menjadi keriput atau menua.

Dengan menggunakan air mawar setiap hari sebagai toner, maka kulit wajah kamu akan terhindar dari penuaan dini dan kamu menjadi jauh lebih awet muda.

  • Mengatasi Iritasi Pada Wajah

Air mawar memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang bersifat anti inflamasi. Ketika kulit wajah kamu mengalami iritasi, jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya, kandungan tersebut akan mampu meredakan iritasi kulit wajah kamu.

Minyak berlebih pada kulit wajah menyebabkan iritasi pada kulit wajah, disinilah peran air mawar untuk mengontrol minyak berlebih tersebut. Manfaat lainnya dalam mengaplikasikan air mawar secara rutin yaitu menghilangkan bakteri yang menumpuk pada wajah yang menyebabkan jerawat serta komedo.

  • Membuat Wajah Menjadi Relax

Manfaat air mawar berikutnya yaitu memberikan efek relaksasi pada kulit wajah sehingga membuatnya lebih sehat dan cantik alami. Kamu dapat menggunakan air mawar sebagai campuran masker.

Penutup

Demikianlah manfaat air mawar yang perlu kamu ketahui. Racikan yang sudah ada sejak zaman dahulu ini benar-benar sangat bermanfaat untuk kulit wajah kamu.

Informasi Kecantikan Kesehatan